Blog Ringan
Blog ringan adalah impian setiap blogger yang dalam tanda kutip merupakan blogger yang blognya ingin dikunjungi banyak orang dan mempunyai pelanggan blog.
 Apakah blog ringan menjadi syarat utama dalam dunia blogging ? tidak juga. masih banyak blogger yang menginginkan blognya itu terlihat wah, dan tampil seperti keinginannya dan hal itu tidak bisa dilarang karena kepuasan adalah segala-galanya, begitu juga bagi saya.
tapi di sisi lain ada juga yang masih saja risih ketika membuka blognya sendiri karena loading nya terlalu lama dan setau saya itu adalah blogger penganut aliran SEO (search engine optimization), itupun saya juga.

Jadi bagaimana sebaiknya sebauah blog itu? kita bahas pada tulisan panjang nan menarik di bawah ini.

Cara meringankan blog

Ada beberapa point yang saya tulis berdasarkan pengalaman dan pendapat saya, jika berkenan silahkan dibaca cara nya:

1.Turuti google dan facebook
Apakah anda tau raksasa website di dunia ini? ya, google dan facebook adalah web yang menempati urutan pertama dan kedua dari list tersebut.
Turuti google dan facebook bukan berarti anda harus menuruti model templatenya, tapi ada satu hal yang harus di perhatikan dari 2 situs raksasa tersebut yaitu WARNA !!

Pernahkah anda sadar bahwa kedua situs tersebut mempunyai warna yang sangat minimalis yang mendominasi adalah putih. saya kurang tau kenapa banyak SEO blogger yang menyarankan warna itu. walaupun ada beberapa blogger senior yang dalam tulisannya sangat menentang tentang mitos warna putih itu.
Terlepas dari pertentangan dan mitos bahwa warna putih itu ringan bagi saya itu tergantung selera anda dan warna apa yang anda suka.

Sedikit curhat (lebay): Saya menyukai warna biru, tetapi saya juga ingin blog saya ringan seperti facebook dan google. jadi elemen di blog ini saya sulap menjadi biru dengan background dasar tetap warna putih dan warna pada posting area, widget, beberapa border-border, header dan sebagainya saya setting menjadi warna transparan.

2.Gunakan widget seperlunya
Sebenarnya widgetlah yang paling berperan dalam rangka meringankan blog anda. Jika anda perhatikan pada loading blog ketika blog anda di buka (silahkan membaca: Cara cek loading blog). maka disana akan tampil beberapa loading skrip yang di dominasi oleh widget.
Kalau ada widget yang terpasang pada blog anda, sebaiknya anda pikirkan satu persatu: apa fungsinya bagi saya? apa fungsinya bagi pengunjung? adakah tempat yang bisa mewakili dari widget yang saya pasang? Lanjutkanlah membaca point selanjutnya..

3.haruskah pakai musik, jam, dan kalender ?
Ternyata ada tempat yang bisa mewakili dari widget musik, jam, dan kalender di blog anda. dimanakah itu? di PC atau laptop anda.
Sadari bahwa musik, jam, dan kalender sudah ada pada PC / Laptop anda dan PENGUNJUNG !!
Malah saya suka risih membuka blog yang ada musiknya, karena sangat mengganggu musik yang sedang saya buka pada PC saya. Saya buka lagu Punk kok di blognya setel lagu dangdut :D
Kembali lagi ini balik kepada anda, jika anda ingin musik favorit anda di dengar pengunjung, jika ingin jam dan kalender kreasi anda ingin di lihat orang banyak, silahkan dipasang. Tapi anda belum mendukung kampanye meringankan blog anda.

4.Posisi widget
Sebelah kanan, sebalah kiri, atau kanan kiri oke?
Urutan pembacaan loading pada sebuah web adalah sbb:

Pertama bagian header dulu, lalu ke sebelah kiri, lalu pindah ke sebelah kanan, dan terakhir ke bagian footer.

Perhatikan urutannya. Jika anda ingin tulisan anda dibaca duluan, sebaiknya taruhlah widget anda pada sebelah kanan blog. karena loading akan menampilkan tulisan anda duluan baru widget. logikanya pengunjung awalnya memerlukan tulisan anda, selanjutnya baru melihat-lihat widget anda.

Curhat lagi (lebay lagi): Ketika saya masuk ke sebuah blog yang widgetnya berada di sebelah kanan, saya tidak memperdulikan loading nya lagi karena tulisan yang ingin saya baca sudah tampil. maka saya terhanyut dalam bacaan. tapi ketika blog itu mempunyai widget / sidebar di sebelah kiri atau kanan dan kiri, saya akan menunggu loading blog tersebut selesai, karena tulisan yang akan saya baca masih belum tampil. bahkan ketika akan masuk ke artikelnya yang lain akan mikir 2x. bukankah pada hakekatnya menunggu itu adalah sesuatu yang membosankan?

5.blog anda juga perlu diet
Sadarkah anda bahwa sebuah blog juga ada yang gemuk dan ada yang kurus? kalau blog anda terlalu gemuk, silahkan melakukan program diet. caranya silahkan baca pada posting saya: Sebuah blog juga perlu diet
dan untuk mengetahui ideal atau tidaknya berat blog anda silahkan menimbang nya pada artikel lawas saya untuk menimbang blog yaitu: Cara mudah menimbang berat blog

6.Flash, banner, dan jpg adalah virus bagi template blog
Virus itu tidak mematikan, tapi menjengkelkan. Kelihatannya seperti bermanfaat pada blog kita, tapi coba di teliti lagi. sebenarnya ada yang bermanfaat dan ada yang sebagai virus untuk blog kita.
Silahkan anda cek Flash, banner, dan jpg pada blog anda apakah itu sebagai virus atau bukan. virus itu ciri-cirinya adalah memperlambat loading pada blog kita. cantik memang ketika blog kita terpasang flash atau variasi Jpg dan beberapa banner yang kurang penting. tapi coba timbang pada timbangan yang saya rekomendasikan diatas, apakah ketiga benda tersebut paling panjang tingkat loadingnya? jika panjang, maka blog anda sudah terserang virus lemot.

7.Ini yang bikin serba salah
Blog Cara Online ini berbeda sekali dengan blog pribadi milik saya, karena ada 1 hal yang mendominasi loadingnya yaitu: IKLAN !!
Kalau blog pribadi saya, disana saya cuma memasang iklan seadanya dan nggak perlu ada yang nge-klik atau nggak, makanya promosinya juga asal-asalan. Tapi untuk blog Cara Online, anda bisa lihat ada beberapa iklan yang terpasang. Sebagai Admin blog nya, sebenarnya saya serba salah terhadap benda yang 1 ini, mau di buang sayang karena tiap harinya saya mendapatkan uang jajan minimal 1 dollar darinya.
Sebagai blogger miskin, dapat uang perhari hanya dengan duduk di depan komputer saya rasa cukup wortied di bandingkan saya harus bekerja diluar banting tulang panas-panasan. makanya saya jadi segan dengan benda yang 1 ini. dibuang sayang, tidak dibuang mengganggu. heheh..
Jadi solusinya, saya harus meminimalisir widget saya yang lain.

Saya rasa sudah cukup panduan untuk meringankan blog dari saya, kalaupun masih ada yang kurang silahkan ditambahkan lagi, kita sharing di kotak komentar di bawah ini.
Pesan terakhir saya Coba cek berat blog anda apakah blog anda sudah ringan? jika masih diatas 60kb, silahkan untuk meringankan blog anda.


Review:

Judul Panduan untuk meringankan blog anda
Deskripsi Blog ringan adalah impian setiap blogger yang dalam tanda kutip merupakan blogger yang blognya ingin dikunjungi banyak orang dan mempunyai ...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1001 Ulasan

Dapatkan artikel menarik lainnya : Klik disini
16 komentar sudah masuk. Silahkan menambahkan tanggapan lain...
Komentari


October 30, 2011 at 11:09 PM  
Like

baguss juga



November 10, 2011 at 5:51 PM  
Like

Tipsnya mantab. Gak bosan2 nih bolak-balik ngubek2 isi blog ini.... Thanks...



November 12, 2011 at 4:17 AM  
Like


December 11, 2011 at 1:41 PM  
Like

sip boz,..infonya, jadi introspeksi ni...makasih



December 13, 2011 at 7:56 AM  
Like


December 14, 2011 at 3:30 PM  
Like

benar sekali gan. iklan kadang-kadang beratnya minta ampun. mau dibuang sayang dimakan pahit. he.. tapi nggak papa gan sekarang kita berbagi rezeki.



December 18, 2011 at 10:33 AM  
Like


January 19, 2012 at 4:57 AM  
Like

loading blog memang hal yang paling utama..dan warna facebook juga tidak kalah pentingnya..
silahkan cek blog saya...sekalian berkunjung balik gan hehehe

buat yang lain salam kenal ..main2 ke tempat ane ya agan agan semuanyaaaaaaaaaa



February 4, 2012 at 4:00 PM  
Like

wah kalo untuk mengurangi kriteria yang di atas agak susah gan soalnya ane banyak masang iklan bergambar.. ada alternatif lain gak gan..



April 10, 2012 at 11:25 AM  
Like


April 12, 2012 at 12:04 AM  
Like

waw.... begitu ya caranya... makasih ya sob infonya...
numpang nitip blog saya ya...
www.candrasahabat.blogspot.com



May 5, 2012 at 7:41 AM  
Like


April 1, 2013 at 4:07 PM  
Like

saya paling setuju dengan nomor tiga.... emang ganggu banget tuh...



September 10, 2013 at 10:34 AM  
Like

sangat menyetujui terutama pada bagian pemakain widget, harus jangan kebanyakan dan juga jangan kebanyakan berisikan pop up iklan yang kelihatannya sepereti sampah. :D



January 3, 2014 at 4:57 PM  
Like

Wah...wah.... setelah ditimbang, blog sy montok sekali, gan: 2 MB. Diet gak ya??? he...he.... Postingnya mantap, gan. Keep blogging!



January 30, 2014 at 8:55 PM  
Like

Thanks artikelnya mas, menarik sekali...
Sekalian bertanya format file gambar yang ringan untuk di blog apa ya mas ? apakah JPEG atau PNG , mohon review blog saya ya mas..terimakasih
salam dari Bali

Tuliskan komentar pada form ini :

Adsense Indonesia
Template design by Armin | Cara Online
Powered by Blogger