Cara manual membuat web mobile
Membuat web mobile ( wap site ) adalah hal yang penting untuk sebuah blog, apalagi sekarang sudah zaman nya handphone untuk internetan. Berbagai macam cara dan trik yang sudah di sharing kan oleh para blogger di dunia maya yang pastinya cukup membantu bagi kita. Tapi kebanyakan itu hanya untuk membuat web mobile di wordpress atau blogger, bagaimana dengan web manual yang kita bangun dari awal ? Bagi yang belum mempunyai website sendiri, silahkan membaca posting lawas saya yang berjudul : Cara membuat website dalam 3 menit

Beberapa hari yang lalu saya sempat kepikiran untuk membuat sendiri web yang bisa di lihat di handphone dengan tampilan sempurna ini, tapi sekali lagi selalu menemukan kendala bahwa tidak semua yang kita cari di search engine akan sempurna dengan yang kita dapatkan, karena membuat website mobile secara manual ini memerlukan sedikit keahlian dalam manipulasi hosting dan coding. Tapi jangan takut, bagi pemula tidak ada salah nya mencoba dan hal ini bukanlah hal yang sulit untuk di lakukan karena saya juga bukan orang yang ahli di bidang ini.

Banyak sekali yang menyarankan untuk membuat web mobile ini secara instant padahal yang kita inginkan adalah yang tidak instant karena hasilnya akan sesuai dengan yang kita inginkan. Untuk blog yang menggunakan platform blogger pastinya sudah tau cara membuat web mobile menggunakan bantuan tools online yang sudah banyak teman kita posting. Saya juga sempat mencoba, dan hal yang bikin saya risih yaitu harus pakai register segala pun terjadi dan hasilnya juga nihil, entah apalagi yang di perintahkan oleh tools tersebut padahal saya sudah menambahkan code javascript yang super berat di hosting web saya dan bela-belain pusing meng-coding manual skrip untuk membuat struktur FEED dan RSS di template web. Untuk wordpress caranya mungkin gampang sekali karena disana kita di manjakan oleh plugin, banyak sekali yang tersedia tinggal di pilih sesuai keperluan anda.

Membuat web mobile tanpa bantuan plugin dan tools


Ada yang bilang tinggal direct domain dan bikin template menggunakan width 100%, namun logikanya saya belum dapat karena mau di direct kemana toh kita maunya begitu URL kita di buka di handphone langsung menuju template baru yang telah kita bikin sebelumnya. Saya juga mengira bahwa pengalamatan dengan domain yang menggunakan huruf "m" di depannya ( seperti m.facebook.com, m.twitter.com ) sudah pasti untuk mobile, tapi untuk kebenarannya saya belum tahu. Setelah beberapa waktu mencari caranya akhirnya saya ketemu jawabannya. Apa yang saya lakukan untuk membuat web mobile ( wap site ) secara manual tanpa menggunakan plugin atau tools ?

Inilah web yang saya rancang menjadi sebuah web yang berbasiskan mobile : http://arminmartajasa.com
Silahkan anda akses melalui PC / Laptop, lalu akses lagi menggunakan Handphone. Anda akan menemukan tampilan yang berbeda dari website tersebut.

Pertama saya membuat template manual untuk web dengan layout yang di setting sedemikian rupa sehingga user-friendly untuk mobile. Dan saya tampung di dalam sebuah folder bernama "mobile". Di dalam folder tersebut saya meletakkan file-file yang di butuhkan oleh template. Tapi ada satu file yang saya keluarkan dari folder tersebut yaitu mobile.php
Mengapa saya keluarkan ? jawaban nya karena untuk akses langsung dari user, seperti anda meletakkan index.php di public_html
Lalu saya meletakkan sedikit kode javascript di dalam template yang sudah saya rancang tersebut kira-kira seperti ini skripnya :

Keterangan: - Bisa saja skrip di atas di ganti dengan skrip php jika anda lebih nyaman menggunakan php, yang penting mempunyai komponen header.location sebagai pengalamatan. - Jika anda meng-akses web tersebut dengan link http://arminmartajasa.com/mobile.php via PC maka anda akan mendapatkan tampilan untuk handphone nya, tapi jika di akses dari handphone dengan link normal http://arminmartajasa.com anda juga masuk ke dalam page yang sama. Artinya kode javascript di atas telah berfungsi mengalihkan / direct link http://arminmartajasa.com/mobile.php khusus untuk di lihat di mobile/handphone. Sekilas info : Untuk konfigurasi coding web mobile rekomendasi dari google ( aturan terbaru ), supaya spider bisa crawling ke dalam template web/blog mobile anda format skrip dasarnya seperti ini :

 
  http://www.google.com/xhtml
  2004-10-01T23:05:32+00:00
  
 

Nah, kira-kira seperti itulah cara yang saya lakukan untuk membuat web mobile (wap site) manual tanpa bantuan plugin atau tools online.


Review:

Judul Cara manual membuat web mobile
Deskripsi Membuat web mobile ( wap site ) adalah hal yang penting untuk sebuah blog, apalagi sekarang sudah zaman nya handphone untuk internetan. Ber...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1001 Ulasan

Dapatkan artikel menarik lainnya : Klik disini
7 komentar sudah masuk. Silahkan menambahkan tanggapan lain...
Komentari


July 13, 2012 at 2:13 AM  
Like

nice info gan!
kunjungi balik detektif007.blogspot.com



July 26, 2012 at 9:20 AM  
Like

keren gan artikelnya



October 2, 2012 at 9:49 PM  
Like

owh ternyata gt ya bikin wapsite...
baru tau saya... :)
tp ttp aja ga paham bahasa pemrograman...



January 22, 2013 at 12:19 PM  
Like

makasih triknya

saya lagi cari trik ini



March 6, 2013 at 11:29 AM  
Like

GAN itu script yg kedua di taroh dimana.? thanks.. :-) mantep artikelnya.



October 25, 2013 at 7:50 AM  
Like

Wihh ilmu baru di dapatkan lagi, nanti mau di coba mas ... thanks ilmu nya :D



August 23, 2014 at 4:08 PM  
Like

Bagus banget artikelnya gan... :D. thx

Tuliskan komentar pada form ini :

Adsense Indonesia
Template design by Armin | Cara Online
Powered by Blogger